Cara Mendapatkan Dollar Dari Amazon Affiliate

Siapa yang tidak kenal Amazon.com? Mengemuka sejak awal bisnis melalui bisnis internet booming hingga saat ini, Amazon.com masih menampilkan diri sebagai toko buku online terlaris sejagat internet. Bahkan hingga kini website Amazon.com tetap menjadi website yang wajib dikunjungi oleh para netter. Keunggulan teknis mereka yang mampu menyediakan informasi terkini mengenai stok buku terbaru hingga pelayanan penjualan buku dengan satu kali klik menjadikannya pioner di dunianya.

Hingga saat ini Amazon.com masih eksis dan mengembangkan sayapnya dengan menjalin hubungan terbuka dengan para pemilik situs terkemuka, blog yang kaya konten, hingga pemasar mesin pencari dan beberapa yang terlibat di antarnya.

Yaitu program asosiasi Amazon.com (berdiri sejak 1996) yang menawarkan keuntungan untuk anggotanya dengan 10% dari mereferensikan produknya. Sebuah jumlah yang lumayan terutama yang memiliki kelebihan mengarahkan pengunjung blognya agar tergoda pada produk-produk yang ditawarkan.

Kita yang memiliki blog seperti itu, bisa dengan mudah mendaftarkan diri pihak Amazon.com untuk mendapatkan widget, yaitu sebuah alat bantu yang dirancang praktis untuk menampilkan secara dinamis produk-produk dari Amazon.com ke dalam blog yang kita kelola.

Dengan bantuan ini penggunanya tidak perlu dipusingkan dengan kode HTML yang terkadang merepotkan. Cukup dengan beberapa klik untuk mengkonfigurasi, maka blog kita sudah siap untuk menjalankan bisnis dengan produk-produk berupa buku berkualitas.

Jika tertarik untuk bergabung dan tentunya mendapatkan keuntungan dari bisnis ini, ikuti petunjuk berikut:

1. Bukalah alamat http://affiliate-program.amazon.com

2. Pertama kita harus medaftarkan diri untuk bergabung. Perhatikan bagian kiri di bawah kotak Sign In. Lalu klik tombol Join Now.

3. Selanjutnya klik tombol Apply now.

4. Berikutnya kita akan berada di halaman pendaftaran. Pertama, masukkan alamat email kita yang kita gunakan di bagian ini, lalu pilih No, I am new costumer.

5. Inilah halaman pendaftaran selanjutnya, dengan tampilan yang cukup sederhana. Isikan kolom My name is dengan nama lengkap, My email address dengan alamat email yang valid, dan isikan satu kali lagi alamat email yang sama pada kolom Type it again. Kolom Birthday isikan dengan bulan dan tanggal lahir. Di bawahnya kita diminta untuk mengisikan kata sandi yang nantinya akan dipakai sebagai kata sandi untuk masuk ke Amazon.com. Isikan kata sandi yang sama pada kolom Enter a new password dan Type it again dan terakhir tekan tombol Continue.

6. Selanjutnya adalah halaman di mana kita diminta menuliskan informasi lengkap keberadaan diri kita.


Payee Name: isi dengan nama lengkap.

Address Line 1: isi dengan alamat lengkap seperti alamat jalan dan sebagainya.

Address Line 2: isi dengan nama kelurahan.

Address Line 3: isi dengan nama kecamatan.

City: isi dengan nama kota tempat kita tinggal.

State, Province or Region: isi dengan nama propinsi sesuai dengan alamat tempat tinggal dan kota.

ZIP or Postal Code: isi dengan kode pos alamat.

Country: isi dengan nama negara.

Phone Number: isi dengan nomor telepon dan kode nomor telepon negara.

Contact same as Payee?: pilih "Yes" bila nama penerima pembayaran sama dengan nama pada pendaftaran.

What is the name of your Website?: isi dengan nama atau judul blog kita.

What is the URL of the main Web site your use to send traffic to Amazon?: isi dengan nama alamat blog kita, misalnya http://fansblogs.blogspot.com.

Which of the following topics best describes your main Website(s)?: pilih tema yang sesuai dengan blog kita.

Briefly describe your site, including the type of items you intend to list: isikan tentang blog kita, termasuk jenis barang yang ingin kita tampilkan.

Terakhir, tekan Continue untuk melanjutkan.


7. Selanjutnya akan dimunculkan berita baiknya, yaitu pesan berupa "Thank you for applying to the Amazon.com Associates Program", yang berarti, bertanda kita diterima menjadi anggotanya.

8. Di halaman yang sama akan muncul dua tombol yang perlu diperhatikan. Kita diminta untuk menunjuk metode pembayaran untuk kemudahan proses pengiriman pembayaran hasil keuntungan. Untuk itu klik tombol kuning bertuliskan "Specify Payment Method Now".

9. Di sini akan muncul tiga pilihan yang dapat kita tentukan mana yang sesuai dengan keinginan kita. Dari ketiganya, kita akan lebih mudah mengurus pencairan hasil keuntungan dengan menunjuk pada "Pay me by check". Penggunaan sertifikat atau deposit langsung akan membutuhkan lebih banyak prosedur untuk ditempuh. Namun bila kita menilai salah satu dari ketiganya lebih fleksibel, kita tentu bisa menentukan pilihan yang berbeda. Jangan lupa untuk klik tombol Continue untuk melanjutkan.

10. Hingga tahap ini, kita perlu menuggu klarifikasi dari pihak Amazon.com. Biasanya akan butuh 2 sampai 7 hari kerja agar akun kita diaktifkan. Pada saatnya nanti, kita akan menerima sebuah email pemberitahuan dari pihak Amazon.com dengan subyek bertuliskan:

:Welcome to the Associates Program"

Di dalamnya berupa ucapan terima kasih dari pihak Amazon.com untuk keikutsertaan kita dalam progam yang dikembangkannya. Di sini kita diminta untuk segera log in ke dalam akun yang telah disiapkan untuk membangun informasi, menyiapkan laporan penerimaan, melakukan update informasi akun, hingga tips untuk meningkatkan pendapatan.

11. Jika semua prosedur di atas telah dilalui, selanjutnya bagian kita untuk menyambungkannya dengan blog yang telah didaftarkan sebelumnya. Untuk itu kita bisa kembali ke halaman muka (halaman yang sama dengan sesaat kita log in).

Di sini akan muncul navigasi berupa daftar link di sebelah kanan pada menu "Tools", dan temukan submenu "Build Link/Widgets" di dalamnya.

Dari sekian banyak widget yang kita temukan da halaman ini, ada beberapa saja yang bisa kita pasang di blog. Sekali lagi, hanya beberapa saja dan tidak boleh memasang semua widget yang ada. Mengapa tidak boleh? Apa alasannya? Pertama adalah kenyataan bahwa tidak semua widget memiliki nilai yang besar dalam memberikan kontribusi yang besar dalam segi pendapatan. Widget tertentu hanya akan efektif untuk jenis blog tertentu. Untuk itu pemilihan jenis widget dan tipe blog akan sangat menentukan tingkat kesuksesan.

Alasan selanjutnya adalah pertimbangan efisiensi. Pemasangan semua jenis widget justru bisa berkunjung kontra-produktif. Beberapa pengunjung akan mudah mengenali mana blog yang menyuguhkan informasi yang berguna dan mana blog yang sekedar mengejar keuntungan semata. Etika menghargai pengunjung yang masuk dengan hanya menampilkan jenis widget tertentu akan memberikan sumbangan positif akan sebuah blog. Jadi, pengunjung tidak merasa dipaksa dengan sajian tampilan iklan.

Berikut adalah beberapa jenis widget yang patut dipertimbangkan:

a. Context Link
Serupa dengan bentuk di Google AdSense, yaitu jika ada kata-kata tertentu yang sekitarnya kontekstual dengan produk yang tersedia di Amazon, maka kata-kata tersebut secra otomatis akan diformat ke dalam bentuk tautan (atau pop-up) yang akan memunculkan iklan dari Amazon.com.

Untuk mendapatkannya, kita harus menyusun bentuk tautan serta tampilan warna. Lalu, memasang kode HTML yang telah di generate untuk kemudian dipasans di blog.

b. aStore Widget
Widget ini sangat cocok untuk mereka yang suka menyusun produk-produk pilihan yang dikemas dalam bentuk aStore. Dengan ini maka produk-produk tertentu akan muncul sesuai dengan produk yang ditentukan sendiri oleh pemiliknya. Untuk mendapatkan kodenya, kita harus menyusun bentuk tampilan dan warna.

c. Omakase Links
Widget ini sangat fleksibel untuk menampilkan produk-produk yang sesuai konten blog, pengunjung hingga materi yang ada di halaman tertentu. Produk yang dimunculkan adalah rekomendasi langsung dari pihak Amazon.com. Hingga cukup praktis dalam menyiapkan produknya.

Untuk mencobanya, kita harus menyusun bentuk template dan warna, lalu menyalin kode HTML ke dalam blog.

e. Quick Linker Widget
Widget ini hampir serupa dengan Context Link. Hanya saja kali ini bukan pihak Amazon.com yang menautkan kata tertentu dengan produknya. Namun kitalah yang akan menentukan sendiri kata mana yang akan ditautkan dengan produk yang tersedia. Pemasangannya membutuhkan bantuan kode HTML untuk memasukkan sebuah tautan, yaitu dengan TEXT. Sangat berguna untuk memaksa sebuah kata tersambung ke produk Amazon.com.

f. Recommended Product Links
Widget ini termasuk memiliki potensi untuk memaksimalkan pendapatan. Dengan menentukan kata kunci atau kategori produk tertentu, misalnya produk yang sedang populer dan ramai dibicarakan di milis, maka kita hanya perlu mencatat produk tersebut menjadi kata kunci dan selanjutnya akan dicarikan oleh Amazon.com.

Untuk menciptakan widget ini membutuhkan tiga langkah, yaitu memilih konten, menentukan ukuran, dan menyusun tampilan untuk menciptakan kode HTML.

g. Searchbox
Widget ini berupa form pencarian untuk memudahkan melakukan pencarian atas produk-produk dari Amazon.com. Untuk mendapatkan kodenya kita akan diberikan dua pilihan tampilan, yaitu standar dan drop down.

Tips yang juga perlu diperhatikan untuk mengoptimalkan pendapatan dengan bisnis affiliates Amazon.com adalah jenis produk.

1. Pilih produk yang termasuk kategori best seller:
Kata-kata best seller sudah menjadi petunjuk yang sukses serta menjadi tingkat kesuksesan.

2. Pilih produk yang populer
Dalam artian produk populer adalah produk yang dikenali banyak orang. Untuk keperluan ini, mendermati kecenderungan pasar akan menjadi petunjuk yang sangat berharga dalam menentukan produk yang sekitarnya terkanal.

3.Pilih produk yang dirilis oleh perusahaan terkenal:
Dari sekian banyak produk yang ditawarkan, pengunjung tentu akan lebih memilih produk yang dikeluarkan oleh perusahaan yang lebih terkenal.

Setelah semuanya siap, kita perlu tetap mencermati pengembangan transaksi dalam akun kita. Bila telah mencapai keuntungan tertentu, pihak Amazaon.com Akan memandu kita dalam mencairkan cek untuk dikirim.

1 komentar:

m fadhol mengatakan...

ok thanks, langsung ke tk aje ah...

Posting Komentar

´
Home | Gallery | Tutorials | Freebies | About Us | Contact Us

Copyright © 2009 AUTOMOTIVE |Designed by Templatemo |Converted to blogger by BloggerThemes.Net

Usage Rights

DesignBlog BloggerTheme comes under a Creative Commons License.This template is free of charge to create a personal blog.You can make changes to the templates to suit your needs.But You must keep the footer links Intact.